Selasa, 19 November 2013

Tip Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas bukan pekerjaan mudah, diperlukan pengalaman agar saat membeli mobil bekas kita mendapatkan yang berkualitas. Jangan sampai mobil bekas yang kita beli nantinya merupakan mobil curian ataupun terdapat kerusakan yang tidak diharapkan.

Berikut adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang patut anda pertimbangkan :

tips-membeli-mobil-bekas
1. Mengetahui kondisi fisik mobil
Anda perlu untuk mengecek kondisi fisik mobil, bila perlu membuka bagasi serta mengintip lapisan body mesin bagian dalam. Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah apabila kondisi fisiknya masih prima.

2. Cek kondisi mesin
Untuk mengetahui kondisi mesin masih mempunyai performa yang baik anda perlu melakukan test drive. Anda bisa mengecek dengan teliti mulai dari perpindahan perseneling, suara mesin dan getaran mesin, engine mounting, hentakan kopling ketika melaju serta kelistrikan. Perlu juga untuk anda perhatikan kondisi kelistrikan mulai dari lampu rem, lampu utama, AC, kontak engine dan lain sebagainya. Apabila anda awam di bidang ini, maka sebaiknya anda mengajak orang yang ahli di bidang tersebut bersama anda. Oh, iya perlu juga untuk menjajal mobil tersebut pada jalan berlubang agar bisa diketahui berapa besar kelenturan shock breaker mobil beks tersebut.

3. Mengetahui keabsahan berkas penjualan
Sebaiknya anda mengusahakan agar memilih mobil yang memiliki surat menyurat yang sah baik masa pajak, kesamaan nomor rangka dan mesin hingga faktur jual beli. Hal tersebut cukup penting karena faktur jual beli ini bisa sebagai sarat penjaminan asuransi kendaraan serta catatan kepolisian bahwa kendaraan yang Anda beli memang benar-benar telah dipindah tangankan alias dijual secara sah. Jika berkas tersebut tidak ada maka anda berhak meminta potongan harga dari harga mobil yang ditawarkan penjual.

4. Ketahui tahun pembuatan mobil
Hal ini juga cukup penting karena biasanya semakin uzur usia suatu mobil maka harganya pun akan lebih murah dibandingkan mobil dengan tahun pembuatan yang lebih muda. 

5. Mengetahui harga pasaran mobil tersebut
Dengan mengetahui harga pasaran suatu mobil, maka anda tidak akan mendapatkan harga mobil bekas yang kemahalan. Anda bisa membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga jual yang dibanderol sebuah dealer. Jika sesuai dengan harga pasaran dan kondisi keuangan anda maka anda bisa memutuskan membelinya atau tidak.

Tips tambahan dalam membeli mobil bekas :

1. Tempat teraman untuk membeli mobil bekas adalah di show room atau dealer mobil bekas terpercaya.

2. Jangan gampang terbujuk dengan penjual mobil bekas yang menawarkan dengan harga miring atau jauh di bawah harga pasaran karena bisa jadi mobil tersebut adalah mobil curian. Anda perlu mengeceknya secara teliti.

3. Datanglah ke bagian Tata Usaha STNK dan BPKB Kantor Samsat di Polda setempat untuk mengecek apakah mobil yang Anda beli sedang tidak bermasalah atau pernah masuk dalam daftar blokir (mobil hilang). 

4. Mintalah salinan KTP atau identitas penjualnya, catat alamat dan nomor telepon si penjual mobil yang mudah dihubungi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan.

5. Jika mobil bekas sudah ditangan anda maka usahakan segera lakukan balik nama.

Demikian tips tips membeli mobil bekas yang bisa saya sampaikan semoga bisa berguna bagi para pencari mobil bekas. Jika dirasa artikel ini masih kurang lengkap maka masukan dari para pembaca akan diterima dengan tangan terbuka. Semoga bermanfaat. 
Sponsored by iklan mobil bekas http://iklanmobkas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar